Rabu, 09 Agustus 2017

Cara masuk Bios di Laptop Sony VAIO E Series (aneh)

Selamat datang di blog Tulisan Anak Pakisan. Kali ini saya akan menulis sesuatu tentang pengalaman saya saat PKL di Cempaka Laptop Karangasem milik paman saya. Saat ada pasuh dari Denpasar laptop Sony VAIO E Series.

 Laptop ini kelihatan sangat jadul namun kelihatan elit karena berwarna putih dan keluaran tahun 2015. Pokoknya keren habis :). Keluhannya datang adalah keyboardnya rusak dan dia mau tukar tambah dengan laptop Lenovo Ideapad 110-14ISK Inter Core i5, RAM 4 GB, HDD 1 TB, Graphics AMD Radeon A12 2 GB dengan harga Rp. 5. 775.000. Intinya sekarang laptop itu kita perbaiki untuk dijual menjadi laptop bekas yang berkualitas tinggi :). Nh...karena keyboardnya rusak namun pemiliknya bilang kalau dia sudah ganti keyboard 2 kali. Karena penasaran kita cek satu persatu pin dan kabel fleksibel keyboardnya dengan Avometer apakah nyambung, dan ternyata nyambung semua ke pin slot keyboard. Akhirnya paman saya memvonis kalau yang rusak adalah IC ITE/ Super IO nya. Ya..gue bongkar tuh Laptop...dan di service sama paman gue. Setelah selesai kini giliran gue yang kerja yaitu tes keyboardnya dengan software untuk test keyboard yaitu Keyboard SCC. Setelah dipasang setengah jadi dan saat dihidupkan keluarlah peringatan di dekstop "Operating System Not Found". Biasanya di laptop biasa kalau terjadi hal seperti itu yang pertama di cek adalah HDD nya ke detect gk di BIOS? Setelah itu gue matikan paksa laptopnya dan hidupkan lagi. Kebanyakan tombol yang digunakan untuk masuk ke BIOS SYSTEM adalah F2, ada juga F10 untuk laptop HP dan banyak lagi tergantung laptopnya. Nh,...laptop Sony ini hampir saya pakai semua tombol di keyboard gk mau masuk BIOS. Akhirnya saya browsing di google dan ketemu masalahnya yaitu tekan tombol ASSIST. Apakah itu tombol ASSIST??? Tombol ASSIST merupakan suatu tombol untuk masuk BIOS di Laptop SONY VAIO, hehehe. Gambarnya seperti ini

Cara Masuk BIOS SYSTEM di Laptop SONY VAIO E SERIES
1. Matikan laptopnya dan tunggu 10 detik
2. Kemudian tekan tombol ASSIST untuk menghidupkan laptop, bukan dengan tombol power.
3. Lalu tinggal pilih yang ingin di buka
1. F10 untuk Recover and Maintain your System
2. F11 untuk booting dengan Flashdisk/USB
3. F12 untuk booting dengan Network "gk ngerti" hehe
4. F2 untuk membuka BIOS System
5. F4 untuk Shutdown
6. ESC untuk start windows
7. F1 untuk pilih bahasa

Itulah kebingungan yang gue dapet sekalian pengalaman yang bertambah. Pengalaman adalah guru terbaik di segala hal :). Semoga kalian gk bingung lagi setelah membaca blog ini
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com