Minggu, 03 Desember 2017

Cara Sharing File dan Sharing Printer

Pada postingan kali ini saya akan membuat tutorial tentang Sharing File dan Sharing Printer lewat jaringan Wifi. Ok langsung saja pada langkah-langkahnya:

Langkah-Langkah Sharing File

1.      Cari file yang akan di sharing, saya gunakan folder “Pak Adi” lalu klik kanan dan pilih share with>Specific people.

2.      Kemudian kalian pilih kepada siapa saja kalian membagikan filenya. Saya gunakan Everyone agar semuanya bisa mengakses file yang saya sharing ini. Lalu klik ADD.


3.      Kemudian kita pilih Permission Levelnya yaitu Read and Write agar file yang kita sharing dapat dibuka dan diedit  oleh yang mengaksesnya. Kemudian klik share untuk melanjutkan.


4.      Kemudian klik Done.



5.      Sekarang kita cek IP address computer kita (Host) di CMD dengan perintah “ipconfig”. Berarti IP address computer kita adalah 192.168.1.2 dengan gateway 192.168.1.1.


6.      Selanjutnya kita akan mengakses file yang sudah kita sharing itu di computer lain. Caranya Buka Run dengan cara search ikon atau dengan cara tekan kombinasi tombol Windows + R. Lalu ketikkan “\\IP Computer yang nge-share” saya gunakan \\192.168.1.2 dan klik ok.


7.      Setelah itu file yang kita share tadi akan terlihat di computer client



Langkah-Langkah Sharing Printer

1.      Buka Control Panel>Hardware and Sound>Devices and Printer. Kemudian pilih printer yang akan di sharing. Saya gunakan Printer Epson L365 Series. Klik kanan lalu pilih Printer Properties.






2.      Di kotak dialog Epson L365 Series Properties pilih Tab Sharing. Kemudian klik pada Change Sharing Options.




3.      Kemudian di Change sharing options tersebut centang pada Share this printer dan berikan share namenya sesuka hati. Klik ok


4.      Sekarang kita akan print sesuatu dari computer client. Kita akses seperti tadi dengan cara akses FTP \\192.168.1.2  di Run.



5.      Kemudian Printer Epson L365 yang kita sharing tadi akan kelihatan di folder tersebut. Klik kanan pada Printernya lalu klik connect. Tunggu prosesnya sampai selesai.

6.      Kemudian sekarang buka Microsoft Word di computer client dan ketikkan sesuatu lalu print. Pilih Printer yang sudah di sharing dan selesai.




Sekian artikel Sharing File dan Sharing Printer ini saya buat semoga bermanfaat dan berguna bagi semuanya
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com