Minggu, 22 Oktober 2017

Makalah Kebugaran Jasmani

KATA PENGANTAR 

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa sehingga pada akhirnya penulis dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini dan diselesaikan sesuai rencana.
Pengembangan pembelajaran dari makalah ini dapat senantiasa di lakukan oleh siswa dengan tetap bimbingan guru. Upaya ini di harapkan dapat mengoptimalkan penguasaan siswa terhadap kompetensi yang ada.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca demi kesempurnaan laporan ini.
Penulis berharap semoga laporan PKL ini memperluas pengetahuan dan wawasan kita semua tentang pentingnya sebuah PKL. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.





Singaraja,  Oktober 2017

                                                                                    Penulis



1.1 Latar Belakang Kebugaran Jasmani

Badan sehat dan bugar, tentu menjadi idaman setiap orang. Namun tak setiap orang benar-benar tahu pasti bugar tidaknya tubuh masing-masing sebelum di tes dengan tes kebugaran. Kebugaran jasmani yang baik merupakan modal utama bagi seseorang untuk melakukan aktifitas fisik secara berulang dalam waktu yang relatif lama tanpa menimbulkan kelelelahan yang berarti. Tujuan dari tes kebugaran jasmani diharapkan seseorang mampu bekerja dengan produktif, efisien, dan tidak mudah terserang penyakit, bersemangat berprestasi secara optimal, dan tangguh dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Kebugaran   jasmani yang optimal dapat diperoleh melalui latihan fisik yang benar, teratur, dan terukur. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta memperhatikan aktifitas rekreasi sebagai penyeimbang kondisi fisik dan mental sangat penting dalam menjaga kebugaran jasmani. Tes kebugaran merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur bugar tidaknya tubuh kita. Apabila kita melakukan sesuatu dan fisik terasa sangat letih, padahal seharusnya tidak, maka bisa jadi kita memang kurang bugar

1.2 Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini untuk memberi pengertian betapa pentingnya kebugaran bagi tubuh supaya kita bisa bekerja secara energik, efisien dan tidak mudah terserang penyakit.


 2.1  Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelahan yang berarti. Hal ini hampir sama dengan pengertian kebugaran jasmani yang dikemukakan oleh Sudarno (1992:9) bahwa kebugaran jasmani adalah suatu keadaan saat tubuh mampu menunaikan tugas hariannya dengan baik dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan tubuh masih memiliki cadangan tenaga baik untuk mengatasi cadangan mendadak maupun yang darurat.
Pengertian kebugaran jasmani menurut Prof. Sutarman adalah suatu aspek, yaitu aspek fisik dan kebugaran yang menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembebanan fisik (physical stress) yang layak. Sedangkan Prof. Soedjatmo Soemowardoyo menyatakan bahwa kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisologi terhadap lingkungan (ketinggian, kelembapan suhu, dan sebagainya) dan atau kerja fisik dengan yang cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan. Secara umum pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan pekerjaan sehari hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

2.2  Latihan Kebugaran Jasmani

Tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kebugaran jasmani. Unsur – unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan konsep kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari – hari terdiri dari kekuatan, kelenturan dan keseimbangan. Bentuk ini akan diuraikan bentuk – bentuk latihan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan yang dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah, namun menghasilkan kebugaran yang maksimal apabila dilakukan dengan benar, teratur, dan dalam jangka waktu yang lama.

2.2.1  Kekuatan (Strength)

Kekuatan adalah kemampuan otot tubuh untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan. Bentuk latihan yang cocok untuk mengembangkan kekuatan yaitu latihan – latihan tahanan (resistance exercice) dimana kita harus mengangkat, mendorong, atau menarik suatu beban. Beban itu bisa berasal dari anggota tubuh kita sendiri (external resistance). Agar hasilnya baik, latihan tahanan harus maksimal untuk menahan beban tersebut dan beban harus sedikit demi sedikit bertambah berat agar perkembangan otot meningkat. Bentuk latihannya antara lain: mengangkat barbell, dumbell, weight training (latihan beban), dan latihan dengan alat – alat menggunakan per (spring divices).
Latihan kekuatan dengan beban tubuh kita sendiri (internal resistance) yang dapat kita lakukan sendiri di rumah antara lain:

a.    Latihan untuk otot – otot lengan (PUSH UP)
1)    Push up (telungkup dorong angkat badan)
Tujuan: Untuk melatih kekuatan otot lengan.
Cara melakukan:
·       Tidur telungkup, kedua kaki rapat lurus ke belakang dengan ujung kaki bertumpu pada lantai.
·         Kedua telapak tangan menapak lantai di samping dada, jari – jari menghadap ke depan, siku ditekuk.
·         Angkat badan ke atas hingga kedua tangan lurus, sementara posisi kepala, badan, dan kaki berada dalam satu garis lurus.
·         Badan diturunkan kembali dengan cara menekuk lengan, sementara posisi kepala, badan, dan kaki tetap lurus tidak menyentuh lantai.
·         Gerakan ini dilakukan berulang – ulang sampai tidak kuat.

b.    Latihan kekuatan otot perut (SIT UP)
Tujuan: Untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu.
Cara melakukan:
·         Sikap awal tidur terlentang, kedua lutut ditekuk, jari–jari berkaitan di belakang kepala, dan pergelangan kaki dipegangi teman atau bisa dilakukan sendiri.
·         Angkat badan ke atas tangan tetap berada di belakang kepada dan rapatkan lengan kedalam sehingga siku menyentuh lutut.
·         Badan diturunkan kembali ke sikap awal.
·         Gerakan ini dilakukan berulang – ulang sebanyak mungkin.

c.       Latihan otot kaki bagian bawah (SCUAT JUMP)
Tujuan: Untuk melatih kekuatan otot kaki.
Cara melakukan:
·         Sikap awal dalam keadaan jongkok, salah satu kaki berada di depan dan kaki belakang menyentuh pantat. Tangan berada di belakang kepala.
·         Kemudian loncat ke atas namun tangan tetap berada di belakang kepala.
·         Tukarkan kedua kaki saat mendarat dan kembali ke sikap awal.
·         Lakukan gerakan ini berulang-ulang sebanyak mungkin.

2.2.2  Latihan Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerak dalam ruang gerak secara maksimum tanpa hambatan yang berarti. Terdapat dua teknik gerakan latihan kelenturan, yaitu kelenturan dinamis dan kelenturan statis
a.      Latihan kelenturan otot paha dan otot punggung (CIUM LUTUT)
Tujuan: Untuk melatih otot paha dan otot punggung.
Cara melakukan:
·      Sikat awal duduk dengan kaki lurus ke depan dan tangan diluruskan menyentuh ujung jari kaki.
·      Kemudian dorong tubuh ke depan sehingga wajah atau hidung mencium lutut kaki dan tangan menarik ujung jari kaki sehingga terasa ada tarikan pada otot paha dan punggung.
·      Tahan selama yang kalian bisa, semakin lama semakin bagus.
·      Kembali ke posisi semula.
·      Lakukan latihan ini berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.




Dari uraian di atas penulis menyimpulkan dua manfaat atau maksud mengapa kita mengukur kesegaran jasmani seseorang. Untuk mengetahui kondisi/status kesegaran jasmani seseorang, sekaligus menentukan program latihan yg sesuai untuk memelihara atau meningkatkan kesegaran jasmani
Untuk mengevaluasi keberhasilan maupun kegagalan program latihan fisik. Beberapa bentuk tes dan pengukuran dapat digunakan untuk mengukuratau mengetes kesegaran jasmani seseorang secara sederhana dan dapat dipakaisebagai penentu bagi siapa saja yang menginginkannya.





DAFTAR PUSTAKA




www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com